» Home » Berita UnikInfo Asik » Antara Kadaluwarsa Produk China dan indonesia

Antara Kadaluwarsa Produk China dan indonesia


BEIJING - Membeli oleh-oleh di tempat khusus penjualan oleh-oleh tentu mengharapkan kualitas atau mutunya terjamin. Sudah pasti kita tidak ingin oleh-oleh tersebut kadaluwarsa dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Bila anda melancong ke China, dan menyempatkan diri memborong oleh-oleh di Bandara Internasional Beijing, China, di bandara kelas satu tersebut, banyak terdapat gerai yang menyediakan aneka makanan khas negara tirai bambu.

Sekitar pukul 08.00 waktu setempat, gerai-gerai tersebut sudah banyak yang buka. Selain gerai makanan kemasan, juga terdapat gerai lain yang menjajakan aksesoris dan suvenir. Di sekitar lokasi berbelanja itu juga tampak sejumlah restoran dan cafe mewah.

Makanan kemasan yang terlihat banyak dijual dan menggoda mata adalah cokelat. Bungkusan cokelat tersebut sama dengan yang dijumpai di Indonesia. Hanya ilustrasinya saja yang mencirikan negara China, misalnya Panda.

Harga cokelat tersebut bervariasi, mulai dari 25 Yuan atau sekitar Rp 32.500 (kurs 1.300) hingga 90 Yuan. Akan tetapi, jika membeli paketan berisi dua sampai lima kotak, harganya bisa sedikit miring.

Pelayan-pelayan, kebanyakan wanita, menawarkan dengan gaya yang cukup ramah. Mereka juga menjelaskan dagangan yang dijual, misalnya soal rasa dan jumlah item cokelat yang ada di dalam satu kemasan. Begitu pula dengan sistem penjualan paket yang harganya dapat meringankan pembeli.

Tentu saja bagi anda yang hati-hati, sebelum membeli anda akan melihat-lihat dulu tanggal kadaluarsa produk. Apalagi makanan yang kadaluarsa dapat menimbulkan efek tidak bagus bagi tubuh, bahkan menyebabkan keracunan.

Tapi ups jangan salah! Bila tergesa-gesa, kita yang mau jeli justru salah menyimpulkan. Biasanya produk makanan di Indonesia, tertera tanggal, bulan dan tahun di kemasannya. Tanggal tersebut menandakan tanggal kadaluwarsa si produk.

Tapi di China, tanggal yang tercantum di produk itu bukanlah tanggal kadaluarsa, melainkan tanggal produksi. Kapan kadaluwarsanya ada keterangan tambahan, biasanya 12 bulan dari tanggal yang tercantum.

Misalkan di kemasan produk itu tercantum 2009 07 04, bukan berarti kadaluarsa produk itu pada tanggal 4 Juli 2009. Itu merupakan tanggal produksi. Kadaluwarsanya ada keterangan lain misalkan 'Shelf life: 12 Months. Itu artinya produk baru kadaluwarsa satu tahun ke depannya.

Jadi bila anda melihat tanggal di kemasan produk China, jangan terkaget-kaget dan gegabah menyimpulkan produk itu kadaluwarsa! (dtk/irw)