» Home » Berita UnikInfo AsikInfo Unik » Dapatkan Pinjaman dengan Menggadaikan Nyawa sebagai jaminan

Dapatkan Pinjaman dengan Menggadaikan Nyawa sebagai jaminan


Krisis ekonomi yang menerpa dunia ternyata membuat orang berpikir kreatif sekaligus gila untuk medapatkan uang. Seperti yang terjadi di Latvia, sebuah negara di kawasan Baltik, Eropa Utara.

Sebuah perusahaan pinjaman, Kontora, menawarkan pinjaman bagi siapa saja yang membutuhkan uang. Tapi perusahaan yang dipimpin Viktor Mirosiichenko menawarkan jaminan yang aneh sekaligus berat bagi para debitornya: Jiwa.

Para klien yang setuju meminjam uang dari perusahaan tersebut akan menandatangani kontrak seperti biasa. Dengan penekanan pada kata-kata “perjanjian”. Dalam kontrak tersebut klien setuju untuk menjaminkan jiwanya.

Sebagaimana dilansir Reuters, sang pemilik perusahaan, Mirosiichenko, mengatakan perusahaannya tidak akan menyewa penagih utang (debt collector) untuk menagih utang yang telah jatuh tempo. Ia juga berjanji tidak akan menggunakan kekerasan bagi para debitornya. Lalu bagaimana jika sang debitor tidak mampu membayar? “Dia akan kehilangan jiwanya,” ujar Mirosiichenko.

Namun tak dijelaskan lebih lanjut, bagaimana perusahaan Kontora ini akan memiliki jiwa seseorang. Karena biasanya, justru uang yang dipakai sebagai jaminan jiwa, nah, ini kok sebaliknya.

Yang jelas, pelanggan Kontora cukup banyak, yakni sekitar 200 orang. Rata-rata perusahaan memberikan pinjaman hingga 250 lats atau 250 dolar atau setara Rp 2,5 juta, dengan bunga yang besar dan mesti dikembalikan dalam jangka waktu 1 sampai 90 hari.

Nah, apakah Anda berminat menggadaikan jiwa Anda?