» Home » ABGbengkakBerita Unikpayudaratumor » ABG menderita Pembengkakan Payudara

ABG menderita Pembengkakan Payudara



Remaja seusia Nia Kurnia (13 tahun) pastilah sedang senang-senangnya belajar dan berkumpul bersama teman. Namun kegiatan itu tak bisa lagi dijalani Nia sejak 7 bulan terakhir karena payudaranya yang terus membengkak hebat.

Pembengkakan payudara dialami Nia sejak 7 bulan terakhir. Kini ukuran kedua payudara Nia terus membesar hingga mencapai perut, tampak sangat menonjol di balik jaket abu-abu yang dikenakannya.

Gadis ABG asal Subang Jawa Barat itu kini dirawat di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang diduga mengelami giant mamary displasia (fibrokistik). Ukurannya yang terus membesar membuat Nia makin sulit bergerak.

Menurut Imas, ibunya yang ditemui detikHealth di RSCM Jakarta, Jumat (15/4/2010), meski paydara membengkak tidak ada keluhan lain baik itu pusing, lemas maupun gampang sakit.

"Katanya ada tumor, dan kemungkinan akan dioperasi," kata Imas yang sehari-hari bekerja sebagai petani ini.

Sebelum dirawat di RSCM, Nia yang saat ini duduk di kelas 2 SMP ini telah mendapat perawatan selama 3 hari di RS Hasan Sadikin Bandung. Remaja asal Kampung Bojongloa, Kecamatan Kasomalang, Subang Jawa Barat ini kemudian dirujuk untuk diperiksa di RSCM sejak Jumat 9 April 2010.

Nia sempat menunggu selama satu minggu untuk mendapat ruang perawatan. Selama itu, Nia yang didampingi ayah dan ibunya menginap di tempat tetangganya dari Subang yang tinggal di Warakas, Tajung Priok, Jakarta Utara.

Penyakit fibrokistik paling sering dijumpai pada wanita usia produktif. Operasi pengurangan mammoplasti adalah upaya yang dilakukan untuk memperkecil bentuk payudara dan mengurangi rasa nyeri.

Dikutip dari Mayo Clinic, penyebab pasti kelaianan belum diketahui. Namun ahli menduga, kelainan pada hormon reproduksi terutama estrogen ikut berperan yakni karena adanya peningkatan aktivitas hormon estrogen.