» Home » Berita UnikIndoleakswikileaks » Indoleaks.org Situs Wikileaks Rasa Indonesia

Indoleaks.org Situs Wikileaks Rasa Indonesia

Indoleaks.org Situs Wikileaks Rasa Indonesia, Sepertinya kemunculan wikileaks milik jimmy asange yang meretas dokumen dokumen rahasia menjadi cikal bakal munculnya Indoleaks.org, situs indolekas ini berisi tentang dokumen rahasia indonesia.

Seperti Wikileaks, Indoleaks juga memiliki dokumen rahasia negara yang konon selama ini disembunyikan. Hanya saja, situs yang online sejak 10 Desember 2010 itu hanya mengumbar dokumen terkait peristiwa di Indonesia.

Sebagai situs yang coba mengumbar dokumen terkait pristiwa di Indonesia, indoleaks ternyata memilih untuk membangun 'markas' di negara asing. Entah untuk alasan keamanan atau karena pertimbangan lainya.

Penelusuran detikINET, Jumat (10/12/2010), indoleaks.org terlihat telah didaftarkan pada 7 Desember 2010 di Belanda, tepatnya di kota Moergestel. Sedangkan untuk terus online, situs tersebut menggunakan jasa salah satu internet provider kawakan, Softlayer.

Indoleaks berupaya membongkar dokumen terkait pristiwa di Indonesia yang konon selama ini disembunyikan demi kepentingan instansi tertentu. Meski baru dirilis, situs tersebut sudah memposting beberapa dokumen seperti soal lumpur lapindo, G30S PKI dan kerjasama Microsoft dengan pemerintah Indonesia.

Yang menarik lagi, Indoleaks ini menerima kontribusi dari pengunjung untuk membeberkan informasi yang terbilang 'rahasia'. Dengan persyaratan sebagai berikut :

* Dokumen harus ORISINIL, tanpa ada opini pengirim di dalamnya.
* Indoleaks.org akan menyebutkan sumber dokumen adalah ANONIM.
* Dokumen yang dipublikasikan adalah dokumen yang MEMILIKI kepentingan publik.
* Indoleaks.org TIDAK akan mempublikasikan informasi yang terkait dengan rekening bank, medical record, dan rahasia pribadi lainnya.
* Indoleaks.org TIDAK bertanggung jawab atas penggunaan dokumen yang dipublikasikan.