» Home » Ekstrim » Foto Kontroversial Benetton untuk Kampanye Anti Kebencian

Foto Kontroversial Benetton untuk Kampanye Anti Kebencian

Udah lihat foto barrack obama ciuman sama presiden venezuela hugo chavez? Ini adalah Foto montase yang dikeluarkan oleh Benetton untuk mendukung kampanye anti kebencian atau UNHATE, Setidaknya ada 6 foto pemimpin dunia terlihat sedang berciuman.

Untuk mendukung kampanye itu, Benetton menampilkan sejumlah tokoh dunia yang selama ini dianggap berseberangan. Dalam situs yayasan tersebut, terdapat enam foto yang masing-masing memuat pasangan tokoh dunia dalam satu bingkai foto montase. "Bintang iklan" di foto montase itu antara lain Presiden AS Barack Obama, yang berciuman dengan Presiden Venezuela Hugo Chavez. Tentu saja ini hanyalah foto rekayasa.


Selain Obama dan Hugo chavez ada beberapa foto pemimpin dunia lain yang digunakan sebagai model untuk mendukung kampanye ini. seperti halnya yang membuat kontroversi adalah foto paus benedictus XVI dengan seorang tokoh sunni islam

Obama kembali muncul ketika bercium bibir pemimpin China, Hu Jintao. Pose kecupan juga melibatkan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy. Adapun Paus terlihat mencium bibir Sheikh Ahmed Mohamed el-Tayeb, imam Masjid Al-Azhar di Mesir. Demikian halnya dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang berbagi kemesraan dengan pemimpin Palestina Mahmud Abbas.

Foto-foto itu merupakan rekayasa digital artist dan diluncurkan secara global pada Rabu (16/11/2011). Vatikan bereaksi keras terhadap pemunculan foto tersebut, terutama foto Paus dan El-Tayeb. Vatikan menganggap pemasangan foto itu menyinggung perasaan umat beragama.


"Kami harus menunjukkan protes keras atas penggunaan foto Paus yang benar-benar tak dapat diterima ini, (yang) dimanipulasi dan dieksploitasi dalam sebuah kampanye publik untuk tujuan komersial," kata juru bicara Vatikan, Federico Lombardi, Rabu.

"Ini menunjukkan kurangnya penghormatan terhadap Paus, menyakiti perasaan orang beriman, dan jelas-jelas mempertunjukkan tentang bagaimana publisitas dapat melanggar aturan-aturan dasar menghormati orang," ujarnya.

Menanggapi protes Vatikan itu, Benetton langsung mencabut satu foto di situs UNHATE. Benetton juga mencabut foto suasana Kota Roma di mana salah satu gedung di kota tersebut terpasang gambar Paus dan El-Tayeb. "Maafkan atas penggunaan gambar yang begitu menyakiti kepekaan beriman," sebut pernyataan Benetton.

Ada ada saja cara yang diambil untuk mendukung kampanye anti kebencian..

Ini dia foto yang paling kontroversial dan memicu kemarahan vatikan karena memperlihatkan foto paus berciuman dengan Al tayeb.