» Home » Berita Unik » Salon Khusus Hewan Kurban

Salon Khusus Hewan Kurban

Besok tanggal 6 umat islam akan merayakan hari raya kurban atau Idul Adha, ada sedikit berita ekstrim terkait penyelenggaraan kurban tahun ini yakni dengan adanya salon khusus hewan kurban. wah emangnya hewan yang mau dipotong saat kurban nanti harus nyalon dulu?


Meski tidak wajib, hewan kurban selayaknya bersih dan sehat sebelum disembelih. Atas dasar itulah, beberapa pedagang hewan kurban di Semarang menawarkan jasa salon hewan kurban. Salah satu penjual jasa salon hewan korban adalah Margo Santoso. Ia menjual kambing kurbannya di Jalan Arjuna No 61 Semarang, di belakang Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).

"Untuk salon, tiap ekor kena Rp 5 ribu," katanya ketika ditemui detikcom, Jumat (4/11/2011).

Salon hewan kurban meliputi memandikan dengan air sabun, membersihkan kaki-kaki dari tanah liat, pemberian shampo, dan terakhir menyemprotkan minyak wangi. Itu dilakukan sebelum kambing dikirim atau diambil pembeli.

"Persaingan jual beli semakin ketat, jadi sepertinya harus ada fasilitas tambahan agar pembeli tertarik," paparnya.

Margo menambahkan, fasilitas salon kambing kurban itu telah dilakoninya setiap tahun, menjelang Idul Adha. Meski tidak menyebut angka penjualan, ia yakin beberapa pembeli datang karena adanya fasilitas tersebut. Tahun-tahun sebelumnya, konsumen juga memanfaatkan jasa tersebut.

Harga kambing di Semarang bervariasi, berkisar antara Rp 1,2 juta hingga Rp 3 juta. Sementara harga sapi mencapai Rp 8 juta hingga puluhan juta rupiah.

Nah bagaimana dengan anda? berminat bawa hewan kurban anda ke salon dulu sebelum dipotong pada hari raya kurban besok?