» Home » Berita Duka Cita » Gempa 8.5 SR Guncang Aceh dan Sumut

Gempa 8.5 SR Guncang Aceh dan Sumut

Gempa sekuat 8.5 SR guncang aceh dan sumatera utara, bahkan menurut berita yang kami kutip dari detik. getaran itu terasa hingga di padang dan bengkulu menurut kabar terakhir gempa ini juga berpotensi untuk menimbulkan tsunami. Awalnya gempa BMKG menyebutkan gempa ini berkekuatan 8.9 SR namun kemudian diralat menjadi 8,5 skala richter Ya Allah #PrayforAceh


Peringatan tsunami dikeluarkan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyusul gempa 8,5 SR di Simeuleue, Aceh. Ada beberapa daerah yang diminta BMKG waspada.

Dalam keterangan BMKG, Rabu (11/4/2012) disebutkan sejumlah wilayah agar waspada tsunami, yakni Bengkulu, Lampung, NAD, Sumbar, dan Sumut.Gempa terjadi sekitar pukul 15.38 WIB, di kedalaman 10 KM Ada di 434 barat daya Meulaboh.

Hingga kini belum diketahui kerusakan yang terjadi akibat gempa tersebut namun mari kita sama sama berdoa agar tragedi tsunami aceh silam tidak terulang kembali. Sebisa mungkin kabar ini akan kami update.

Menurut berita terkini dari kompas diperkirakan ancaman tsunami paling cepat tiba di aceh pukul 16:21

"Gempa sebesar itu berpotensi menimbulkan tsunami yang merusak yang berdampak di sepanjang garis pantai di Samudera Hindia. Namun, belum diketahui apakah saat ini terjadi tsunami atau tidak," demikian peringatan PTWC.

Jika tsunami terjadi, negara yang mungkin terkena dampak adalah Indonesia, Sri Lanka, Australia, Myanmar, Thailand, Maldives, Inggris, Malaysia, Mauritania, Seycheless, Pakistan, Somalia, Oman, Madagaskar, Iran, Emirat Arab, Yaman, Komoro, Bangladesh, Tanzania, Mozambik, Kenya, Croizet Island, Kerguelen Island, Afrika Selatan, dan Singapura.

Potensi tsunami paling cepat sampai ke daratam diperkirakan pukul 16.21 WIB di Simeulue, Aceh dan Banda Aceh pukul 16.31 WIB.

Berikut kemungkinan gelombang tsunami sampai daratan:

Simeulue 16.21 WIB
Banda Aceh 16.31 WIB
Siberut 16.41 WIB
Padang 17.17 WIB
Bengkulu 17.38 WIB
Cilacap 19.05 WIB
Bandar Lampung 19.13 WIB
Bali 19.53 WIB
Kupang 20.38 WIB
Belawan 20.48 WIB